LS JIGSOW 2

Penerapan Metode Jigsaw dalam Lesson Study untuk Membangun Kolaborasi Santri Al Binaa

LS JIGSOW 2

Pengertian Lesson Study dan Metode Jigsaw

Lesson Study adalah pendekatan kolaboratif untuk pengembangan profesional guru, di mana pendidik bekerja sama merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran bersama. Ini memungkinkan guru berbagi pengalaman dan memberikan umpan balik konstruktif, meningkatkan kualitas pengajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi peserta didik.

Metode Jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana peserta didik bekerja dalam kelompok heterogen beranggotakan 4–6 orang. Setiap anggota bertanggung jawab menguasai bagian dari materi sub bahasan yang berbeda untuk kemudian mengajarkannya kepada anggota kelompok lainnya, metode ini mendorong kolaborasi aktif dan dukungan dalam memahami materi bahasan.

LS JIGSOW 2

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan Lesson Study dengan metode Jigsaw kali ini diadakan di kelas IX G SMPIT AL BINAA, dengan Ustadz Said A. Musayyieb, Lc., M.Pd sebagai guru model. Dan tim observer terdiri dari Ustadz Dr. Sulaeman, S.Pd., M.M., Ustadz Zaenudin, Lc., Ustadz Adam Rusydan H, M.Pd, Ustadz Ganang Irfan SF, S.Psi, Ustadz Abdul Rachman, S.Si, M.Pd, dan Ustadz Yosef Faizal Ramdani, Lc.

LS JIGSOW 2

Hasil Observasi

Dan berikut adalah laporan hasil observasi dari para observer:

  1. Ustadz Zaenudin : mengamati bahwa ada beberapa santri yang terlambat hadir, namun secara keseluruhan, peserta sudah memahami materi yang diujikan. Hikmah yang dapat diambil adalah bahwa para santri menemukan inspirasi baru selama proses pembelajaran metode ini.

2. Ustadz Adam : mencatat bahwa ketidakhadiran beberapa peserta menyebabkan diskusi kelompok ahli tidak berjalan dengan baik. Hal ini mendorong santri untuk berpikir keras secara mandiri dalam persiapan presentasi. Pelajaran yang dapat diambil adalah pentingnya kemampuan mandiri, sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan baik, baik tugas individu maupun dalam konteks kelompok.

LS JIGSOW 2
  1. Ustadz Ganang : melaporkan bahwa kelompoknya yang lengkap cukup aktif dalam berdialog , namun seperti menjadi dua kelompok kelompok pertama aktif mengerjakan tugas untuk menyimpulkan materi, sementara kelompok lain lebih fokus pada agenda berbeda (baksos). Hikmah yang didapat adalah santri berlatih berpikir kritis dan aktif untuk menuju tujuan pembelajaran.
  2. Ustadz Abdurrahman : mengamati bahwa meskipun beberapa santri terfokus pada kegiatan lain (baksos), proses pembelajaran secara keseluruhan berjalan baik. Namun, penting untuk mengkondisikan santri agar tidak terlibat dalam agenda lain saat Lesson Study. Hikmah yang diambil adalah munculnya sikap kooperatif santri dalam metode Jigsaw, serta materi pembahasan membangkitkan kedekatan kepada Allah SWT.
LS JIGSOW 2
  1. Ustadz Yosep : menilai bahwa ada kolaborasi yang baik dari peserta kelompok dalam mengerjakan tugas. Beberapa santri aktif mencatat penjelasan tafsir dan yang lain berpartisipasi dalam sesi presentasi. Namun, ada beberapa peserta yang kurang fokus saat pemateri menjelaskan. Meskipun demikian, kondisi kali ini lebih kondusif dibandingkan observasi sebelumnya.

Setelah semua laporan dari observer disampaikan, Ustadz Said menambahkan poin bahwa target untuk sesi pembelajaran ini adalah agar santri dapat mencapai tiga poin kemampuan: mampu menghafal ayatnya, mampu menuliskan ayat atau haditsnya, dan mampu memahami tafsir ayat tersebut secara umum.

LS JIGSOW 2

Kesimpulan

Kegiatan Lesson Study dengan metode Jigsaw di kelas IX G menunjukkan hasil yang beragam namun positif, meski ada tantangan seperti ketidakhadiran beberapa santri. Adaptasi yang dilakukan menciptakan solusi kreatif dan memperkuat kolaborasi antar santri. Kolaborasi dan pendekatan kooperatif sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman materi serta keterampilan sosial santri. Penting untuk meningkatkan fokus peserta didik agar hasil proses pembelajaran lebih optimal. Observasi ini memberikan wawasan bagi guru untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki strategi pengajaran di ruang kelas, dengan refleksi sebagai kunci untuk pembelajaran yang lebih efektif. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMPIT AL BINAA. Aamiin.

Tags: No tags

Comments are closed.